KAJIAN TERPUSAT PART II Badaris (Badan Dakwah Rohani Islam) BSI

26/09/2016 12:59

Badan Dakwah Rohani Islam (BADARIS) Pusat mengadakan kegiatan yang digawangi tim dakwah yaitu Kajian Terpusat Part 2 dengan mengusung tema “Jalin Ukhuwah Satukan Langkah”. Acara ini diselenggarakan pada hari Ahad, 07 Agustus 2016 bertempat di Aula BSI Fatmawati, Pondok Labu Jakarta Selatan.

Untuk kajian 2 kali ini Badaris Pusat mengemas acara dengan sangat bagus, yang dihadiri oleh Pembina Badaris yaitu Bp. Ishak Kholil,M.Kom sekaligus memberikan materi pertama dengan tema “Arti Sebuah Ukhuwah” dan 9 (sembilan) cabang badaris BSI, antara lain, Bogor, Depok, Bekasi, Kramba, Jatiwaringin, Cileduk, Cengkareng, BSD dan Fatmawati selaku tuan rumah. Kajian Terpusat Part 2 juga menghadirkan pemateri yang sangat kece yaitu motivator dan da’i muda Arif  Afriansyah,S.EI dengan tema “Al Qiyadah wal Jundiyah.”

Acara berlangsung dengan hikmat dan penuh keakraban, diawali dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an oleh Nazmul Arifin dan dilajutkan dengan sambutan ketua pelaksana Muhammad Ma’shum. Ketua pelaksana berpesan “Mari kita menjaga ukhuwah agar semakin erat dan kokoh dalam menjalankan amanah dakwah yang tidaklah mudah, sejatinya jika kekuatan ukhuwah itu ada dalam diri kita masing-masing, in syaa Allah seberat apapun tantangan dakwah kampus tidak akan terpatahkan justru menambah kekuatan itu sendiri.”

Dalam sesi acara pertama kajian dengan tema “Arti Sebuah ukhuwah”, Bp. Ishaq Kholil menyampaikan “ukhuwah seperti sapu lidi jika ikatannya kuat dia akan menyapu bersih halaman yang kotor sebanyak apapun sampahnya, dia tidak akan menyerah. Nah jika ikatan sapu itu tidak kuat, sampah ringan saja dia akan merasa susah untuk membersihkanya. Begitupun dengan kita, Kekuatan kita ada pada ukhuwah yang terjalin saat ini.”

Sesi kedua dengan tema “Al Qiyadah wal Jundiyah” sang motivator dan da’i muda Arif Afriansyah, S.EI menyampaikan, “kita semua adalah pemimpin. Minimal memimpin diri sendiri, untuk diajak bersinergi dan berjuang dijalan-Nya, terlebih memimpin orang lain. kepemimpinnan itu tak lain dari kekeluargaan (Ukhuwah) dan kebersamaan (solidaritas), kita bisa belajar dari hal yg sederhana yg ada dilingkungan kita.”

Kajian 2 kali ini bertujuan untuk menyatukan beberapa unsur dalam sebuah organisasi, yaitu setelah ukhuwah sudah didapat antara jundi dan qiyadah agar bisa saling memahami, bukan hanya sekedar mengerti. Acara ditutup dengan sebuah do’a yang penuh pengharapan kepada Allah SWT oleh Zainudin dan dilanjut dengan halal bihalal saling berjabat tangan dengan semua pengisi acara. Acara berakhir dengan memberikan kesan-kesan yang sangat melekat dalam hati setiap peserta yang hadir. "Inilah ikatan itu saudaraku, suatu saat nanti kita akan merindukannya, semoga Allah mengokohkan ikatan kita walaupun sudah tidak bersama dalam wadah LDK ." Ujar salah satu perserta.

Sumber : http://www.badaris.org/2016/08/kajian-terpusat-part-ii.html?m=1